Peringatan Hari Cinta Puspa Satwa Nasional 2018 "Protect Us With Your Hand"



MATRAPALA, SEMARANG - Hari Cinta Puspa Satwa Nasional diperingati setiap tanggal 05 November untuk membangun kesadaran dan menumbuhkan rasa cinta terhadap puspa dan satwa Indonesia. Dalam rangka memperingati Hari Cinta Puspa Satwa Nasional 2018, divisi lingkungan Matrapala Undip menyelenggarakan serangkaian acara bertemakan "Protect Us With Your Hand" pada tanggal 7-8 November 2018 di SOS Children's Village, Banyumanik, Semarang. Acara dibuka dengan sambutan dari Puti Ayu Anandita sebagai ketua umum Matrapala, Rina Alfi Anisa sebagai ketua panitia, dan pihak dari SOS Children's Village. Peserta dari acara ini adalah siswa-siswi kelas 3-5 Sekolah Dasar yang berjumlah 17 anak. Dalam acara tersebut Matrapala Undip mengajak anak-anak bermain sambil belajar untuk lebih mengenal dan menumbuhkan rasa cinta sejak dini terhadap puspa dan satwa di Indonesia yang harus dijaga dan dilindungi agar tidak punah dikemudian hari.

Pada hari pertama (07/11/2018) diadakan lomba mewarnai dan dilanjutkan dengan menyaksikan film animasi untuk memberikan wawasan lebih luas kepada peserta tentang puspa dan satwa nasional. Selanjutnya pada hari kedua (08/11/2018) divisi lingkungan Matrapala Undip mengundang pembicara diantaranya Animals Pet Lovers, Atmosphere, dan Ayo Nandur. Sesi pertama diisi oleh Atmosphere yang memberikan edukasi kepada peserta dengan menampilan film edukasi mengenai pentingnya menjaga lingkungan sekitar termasuk puspa dan satwa. Lalu sesi kedua diisi oleh Ayo Nandur dengan memberikan edukasi kepada peserta mengenai pentingnya tanaman bagi bumi serta mengajak secara langsung untuk menanam tumbuhan dan perawatan yang harus dilakukan agar tanaman itu bisa tumbuh dengan baik. Sesi terakhir diisi oleh pembicara dari Animal Pet Lovers dengan mengenalkan hewan-hewan yang dibawa seperti kucing dan landak serta mengajak peserta untuk lebih mencintai satwa di Indonesia. Suasananya pun riuh karena peserta sangat antusias untuk memegang secara langsung satwa yang dibawa oleh Animal Pet Lovers ini.






Dan saat penghujung acara ada pengumuman juara I sampai III lomba mewarnai. Pemenang mendapatkan piagam penghargaan, hadiah makanan ringan dan beberapa alat tulis. Selain itu pemberian kenang-kenangan kepada pembicara dan SOS Children's Village yang telah mendukung acara ini sehingga berjalan dengan lancar. Selanjutnya untuk menutup acara diadakan foto bersama.
Dengan adanya peringatan Hari Cinta Puspa Satwa Nasional ini diharapkan bisa meningkatkan rasa cinta dan peduli sejak dini terhadap puspa dan satwa nasional, menumbuhkan sikap untuk selalu menjaga dan merawat keanekaragaman hayati serta mengingat pentingnya puspa dan satwa dalam kehidupan kita.



Comments